Inilah Tips Untuk Ngirit Ketika Gajian Belum Cair

Inilah Tips Untuk Ngirit Ketika Gajian Belum Cair

Simpanan uang gaji kemarin sudah kempas-kempis padahal masih tanggal muda. Wuah suka bikin pusing aja nih, kalau kehabisan uang di tanggal yang masih muda. Mana gajian masih lama lagi ?

Halo brey, kalian pasti pernah merasakan betapa pusingnya uang buat belanja selama satu bulan habis, tapi disatu sisi gajiannya masih lama? Kalau belum pernah mengalami, berarti kalian harus menyimak artikel yang satu ini. Yah, artikel yang akan dibahas kali ini akan membuat kalian lebih bijak, memanfaatkan dana yang ada untuk mengarungi kehidupan sebelum gajian. Berikut diantaranya.



Beralihlah Menggunakan Air Minum Isi Ulang.

Bagi kalian yang terbiasa minum kopi, atau malah biasa “jajan” di Starbuck mulai sekarang hentikanlah dulu. Ingat keuangan kalian sudah sangat menipis. Jadi sebisa mungkin jangan dulu membeli kopi yang berharga mahal. Sebagai gantinya beralihlah ke isi ulang air minum galonan. Harganya murah kok Cuma 5 ribu rupiah saja untuk sekali isi. Dengan mengeluarkan uang hanya 5 ribu pula kalian bisa menghabiskan air minum di galon itu selama satu bulan.

Selalulah Sarapan Di Pagi Hari Kalau Perlu Dua Piring, Biar Tak Jajan Di Kantor.

Kalau kalian biasanya tidak sarapan di pagi hari kalau mau pergi ngantor. Mulai sekarang biasakanlah sarapan terlebih dahulu. Porsi sarapan bila perlu sampai 2 piring. Tujuannya agar kalian perutnya kekenyangan. Kalau perut sudah kenyang mau jajan di kantor kan rasanya jadi males.

Bawalah Uang Recehan yang Biasanya Tidak Terpakai.

Mulai sekarang. Kalian harus membawa uang recehan yang biasanya kalian geletakkan begitu saja di laci. Uang recehan ini penting banget lho kegunaannya. Misalnya saat kalian pergi belanja ke pasar tradisional. Maka saat kalian hendak membayar parkiran kendaraan kalian di pasar bisa memakai uang receh tersebut.



Biasakanlah Masak Sendiri, Jangan Beli Lauk ke Warung Seperti Kemarin.

Kalau kalian biasa membeli lauk-pauk di warung. Mulai sekarang hilangkanlah kebiasaan itu. Gantilah kebiasaan suka membeli lauk di warung, dengan kebiasaan memasak sendiri agar pengeluaran tak bengkak. Tentu alat-alat memasak yang dihadirkan disini menggunakan kayu bakar, bukan gas LPG. Sementara bahan masakan yang akan dimasak bisa kalian dapatkan di lingkungan kalian secara gratis misalnya tumbuhan selong, tumbuhan turi, maupun tunas rebung yang biasanya tumbuh liar di lingkungan kalian. Jadi hemat pengeluarannya.

Berhentilah Merokok Dulu

Bagi yang terbiasa merokok satu hari satu bungkus. Mulai sekarang hentikanlah kegiatan itu. Sebagai gantinya untuk mengobati lidah yang bawaannya “kecut” setelah makan. Kalian bisa menggantinya dengan membeli permen satu bungkus yang lebih murah. Konon permen ini cukup efektif untuk mengobati perasaan ingin merokok menggebu-gebu yang cukup efektif.



Beralihlah Menggunakan Sepeda Ontel Ketika Berangkat Kerja, Kalau Perlu Nebeng Teman.

Mulai sekarang istirahatkanlah dulu sepeda motor yang biasa kalian bawa ke tempat kerja. Penggunaan sepeda motor yang harus mengeluarkan konsumsi bensin tidak tepat dilakukan saat keuangan kalian sedang kritis. Sebagai gantinya, kalian harus menggunakan sepeda, terutama jika jarak antara tempat kerja dan rumahmu tidak terlalu jauh. Selain bisa menghemat keuangan yang sedang sekarat, dengan bersepeda juga bisa menyehatkan badan lho.

Bawalah Botol Minuman Kemana-Mana

Di rumah kalian kan sudah ada air minum isi ulang galon nih. Nah agar keuangan yang tipis bisa bertahan hingga gajian kalian manfaatkan saja dengan cara mengisikan botol minuman yang tidak terpakai dengan air yang ada di galon itu. Isilah secukupnya saja agar tak terlalu berat saat dibawa dengan tas. Tujuan membawa botol minuman dari rumah ini agar kalian tak tergoda mampir di cafe yang bisa memboroskan keuangan.

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: