Ini Rahasia Teknik Menulis Click Bait Yang Bisa Menjaring Ribuan Pembaca

0

Tujuan utama dari aktivitas bloging yaitu menjaring sebanyak-banyaknya pembaca masuk ke blog kita. Namun lacur apa hendak dikata, terkadang kita sudah membuat beragam topik artikel.

Tetapi hanya mampu menggaet 100 viewer saja. Apa penyebapnya SEO ? Iya memang SEO menjadi penyebap utama suatu postingan artikel di blogmu menjadi sepi atau ramai.

Tergantung caramu mengerti seluk beluk SEO. Walaupun dalam perkembangan kekinian, SEO tidak begitu memerankan peran penting dalam menggaet pengunjung.

Sebetulnya ada yang lebih dahsyat dari metode SEO model YOAST misalnya untuk menggaet Netizen sebanyak-banyaknya di jagat maya. Metode itu bisa disebut sebagai metode “click bait” atau umpan klik.



Inilah yang kemudian membuat media seperti Tribunnews sebagai portal media pengusung clik bait ini. Melejit tak terbendung mengalahkan detiknews yang jauh lebih tua, soal mendapat kepadatan traffick.

Beberapa pakar pers kelas dunia semacam Allan Peace mendefiniskan bahwa clik bait itu model terbaik untuk memprovokasi Netizen untuk segera meng-klik artikel yang ia lihat. Ada semacam comon sense atau rasa penasaran menggebu-gebu hanya melihat judul artikelnya saja.

Clik bait umumnya menggunakan gaya bahasa (house style) beranekdot provokatif serta bernada ketakutan dalam memberi judul pada artikel. Lalu bagaimana caranya membuat judul metode clik bait yang tepat. Begini penjelasanya.

Gunakanlah Bahasa Provokatif

Tak masalah menggunakan bahasa provokatif. Tidak akan ada yang nyemprit marah-marah dari insan penikmat media. Baik dari Dewan Pers sekalipun, asalkan penggunaan bahasa provokatif tersebut sesuai dengan substansi isi artikel, dan sesuai apa adanya dengan fakta dan data di lapangan.

Salah satu contoh pembuatan judul artikel yang bernada provokatif misalnya “ Terbongkar, PKI Biadap Membantai Para Kiai Begini Kronologinya.” Penggunaan kata “Biadap” bertujuan untuk memprovokasi pembaca supaya emosinya naik seketika. Ketika pembaca berada dalam keadaan emosi memuncak, pembaca artikel biasanya akan segera meng-klik judul tersebut begitu saja, bahkan tak jarang ikut berkomentar pada artikelnya.

Namun perlu diwaspadai, penggunaan bahasa provokatif pada penamaan judul artikel harus sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hal ini bertujuan supaya tak dianggap memuat artikel bernada kebencian dan sara.

PKI secara historis memang disimbolkan biadab benak masyarakat Indonesia. Jadi tak masalah mengunakan judul tersebut.

Gunakanlah Area Seksis

Penggunaan metode “clik bait” menurut pada kata seksis bisa mengambil nama tubuh manusia, hewan, dan benda yang dipersepsikan para pembaca sebagai bagian yang paling menarik.

Bisa berupa bokong untuk menggambarkan profil manusia. Misalnya “Bokong Raisa Berubah Setelah Menikah dengan Hamis Daud, Beginilah Penampakanya.”

Penggunaan kata bokong bersifat seksis, dan membuat pembaca napsong emosinya untuk segera mengklik judul artikel tersebut. Nah selanjutnya di isi artikel yang kamu tulis, kamu bisa mengisi fakta judul tersebut dengan laporan bahwa berat badan Raisa menjadi bertambah setelah menikah dengan Hamis Daud.

Demikian juga dalam membuat artikel yang berkaitan dengan benda. Kita bisa menggunakan kata seksis ini untuk membuat emosi pembaca naik, dan segera meng-klik judulnya. Misalnya saja. “Samsung Galaxy S8 Segera Dirilis, Jeroanya Menggunakan Snapdragon 835.” Kata Snapdragon 835 merupakan kata yang bersifat seksis, karena pengguna smartphone pada umumnya akan mencari tahu jenis prosesor yang digunakan dalam smartphone yang akan dibelinya menggunakan prosesor jenis apa. Sementara Snapdragon 835 merupakan jenis prosesor yang paling unggul digunakan saat ini.

menjadi clik sence |

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: