Mengenal Perhimpunan Indonesia, Organisasi Pergerakan yang Membuat Kocar-Kacir Kolonialis Belanda

Mengenal Perhimpunan Indonesia, Organisasi Pergerakan yang Membuat Kocar-Kacir Kolonialis Belanda

Pada tahun 1927, pimpinan tertinggi organisasi Perhimpunan ditangkap oleh pemerintah kolonialis Hindia-Belanda. Pimpinan yang dimaksud yaitu bernama Mohamad Hatta.

Disinilah titik awal melemahnya kekuatan organisasi Perhimpunan Indonesia yang didirikan oleh RM Tirto Raharjo. Mereka berhasil digembosi oleh pihak kepolisian Hindia Belanda.

Kendati Mohammad Hatta berhasil ditangkap, ia menolak tuduhan-tuduhan melakukan perbuatan makar.

Aksi yang dijalankan oleh Mohammad Hatta dalam menggerakkan masa untuk menuntut Pemerintah Kolonial Hidia Belanda. Dalam tuntutannya, mereka meminta agar para pekerja bisa digaji dengan layak.

Hal ini merupakan bagian dari kelayakan Serikat Kerja yang resmi diakui oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Kendati Hatta saat itu melakukan pergerakan sistematis untuk menggembosi pemerintahan. Ia menolak jika Mohammad Hatta dituduhkan menggunakan cara-cara kekerasan untuk mengkritik pemerintah kolonial.

Lewat pembelaannya saat disidang oleh pemerintah Kolonial. Hatta menjelaskan panjang lebar kalau Perhimpunan Indonesia adalah murni organisasi politik, bukan organisasi radikal yang memakai cara-cara kekerasan.

Hatta juga mengaku bahwa Perhimpunan Indonesia bukan organisasi bercorak komunis, kendati ada sebagian anggotanya konon ada yang terlibat dengan organisasi komunis.

Sebagai ketua Perhimpunan Indonesia, Mohamad Hatta memang menjalin hubungan dengan PKI. Hal itu dijalankan karena PKI saat itu menjadi partai politik besar di Indonesia yang sangat berpengaruh.

Kendati Mohamat Hatta berhubungan dengan PKI, ia sering kali tak setuju dengan ide-ide komunis yang diutarakan oleh Semaun.

Hatta malah menginginkan tradisi berpikir Marxis kala itu bisa berubah menjadi tradisi berpikir nasionalis secara menyeluruh. Alhasil Mohamad Hatta sering bersinggungan dengan Soekarno yang pada saat itu ia lebih dekat dengan partai komunis.

Organisasi Perhimpunan Indonesia Berhasil Memerdekakan Negara-Negara Asia Selatan.

Organisasi Perhimpunan Indonesia memiliki hubungan strategis dengan dunia internasional. Organisasi Perhimpunan Indonesia melalui tangan dingin seorang Hatta mampu membawa organisasi ini dikenal di seluruh dunia.

Organisasi Perhimpunan Indonesia sangat berpengaruh bagi kemerdekaan Asia Selatan. Organisasi Perhimpunan Indonesia memang memiliki hubungan internasional dengan negara-negara jajahan lain tidak hanya Indonesia.

Beberapa negara jajahan yang di dukung oleh organisasi Perhimpunan Indonesia agar merdeka yaitu negara Mesir, dan India.

Di bawah koordinator bernama Sukiman, Perhimpunan Indonesia mendorong negara Mesir, dan India untuk memerdekakan diri.

Sukiman sadar, bahwa Perhimpunan Indonesia perlu berkontribusi bagi dunia agar tidak ada penjajahan negara atas negara, maupun penjajahan bangsa atas bangsa.

Adanya visi misi yang revolusioner dari para anggota Perhimpunan Indonesia ini kemudian membubuhkan satu kesepakatan. Pada tahun 1925 lewat tangan Sukiman juga.

Organisasi Perhimpunan Indonesia berhasil menjalin hubungan dengan mahasiswa Asia Muda di Paris, Prancis.

Organisasi yang satu ini memiliki visi misi yang sama, yaitu mendukung negara jajahan untuk memerdekakan diri.

Lewat kerja sama antar dua organisasi. Antara organisasi Perhimpunan Indonesia, dengan organisasi Asia Muda kemudian terdapat satu kesepakatan.

Mereka setuju membuat suatu blok untuk membangkitkan minat serta perhatian terhadap cita-cita bangsa-bangsa Asia untuk merdeka.

Usaha ini dilakukan untuk menghadapi kongres Demokratik Sedunia di Bierville, Paris.

Lewat kongres tersebut. Hatta kemudian memanfaatkan momentumnya untuk berpidato. Lewat kongres tersebut Mohamad Hatta kemudian menyerukan agar negara-negara yang dijajah bisa dilepaskan.

Lewat organisasi Perhimpunan Indonesia lah kita ketahui bahwa organisasi inilah cikal bakal munculnya semangat nasionalisme di negara-negara yang sedang di jajah.

Dalam sejarahnya, organisasi Perhimpunan Indonesia memang tidak hanya berjasa dalam memerdekakan Indonesia. Tapi juga berhasil memerdekakan negara-negara lain yang ada di Asia.

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: