Makna Hari Onde Bagi Warga Keturunan Tionghoa & Orang Cina

Makna Hari Onde Bagi Warga Keturunan Tionghoa & Orang Cina

Onde adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat menyerupai butiran kelereng yang pada umumnya memiliki warna-warni hijau, merah, dan putih yang dimasak dengan campuran gula merah, gula putih dan jahe.

Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, Tradisi Makan Onde merupakan tradisi turun temurun yang hingga saat ini masih rutin dilakukan antara tanggal 21-22 Desember, dengan berkumpul bersama keluarga dan membuat onde secara bersama-sama. Nah, bagi yang merasa penasaran mengenai apa itu tradisi makan onde, berikut ini penjelasan makna dari Tradisi Makan Onde bagi warga keturunan Tionghoa atau orang cina yang saya ambil dari berbagai sumber.

Di Taiwan, Tradisi Makan Onde disebut juga sebagai Festival Dōngzhì atau Festival Titik Balik Matahari Musim Dingin (Tibanya Musim dingin), dalam logat Hokkian perayaan ini disebut Tang-chì, sedangkan di Indonesia disebut Tang-cek, Sedangkan untuk warga Cina Benteng menyebutnya Onde.



Bagi masyarakat Taiwan perayaan makan onde merupakan perayaan yang sangat penting, dimana tanggal 21-22 Desember merupakan puncaknya musim dingin dan memakan makanan hangat bersama keluarga yaitu Onde.

Onde yang berbentuk bulat memiliki makna harmonisasi dan keutuhan keluarga, yang dibuat dari tepung beras ketan yang lengket yang melambangkan keeratan dalam persaudaraan, dibumbui dengan gula yang manis dan jahe yang hangat, yang melambangkan manis dan hangatnya ikatan persaudaraan, serta diberikan beberapa helai daun pandan, yang melambangkan harumnya nama baik keluarga.

Selain filosofi diatas festival onde ini berasal dari filosofi Yin dan Yang, yang merupakan simbol keseimbangan dan keharmonisan kosmos. Setelah titik balik matahari, panjang hari akan semakin memanjang sehingga semakin banyak energi positif yang mengalir masuk.

Konon Tradisi makan onde, sudah ada sejak jaman dinasti Han (206 SM – 220 M), dan bagi masyarakat Tionghoa, mereka memiliki keyakinan dengan memakan onde sesuai dengan usianya dan menambahkannya satu, dengan harapan usianya dapat bertambah 1 tahun lagi.

So, Apakah hari ini Anda sudah makan Onde ?

hari onde 2018 |Onde cina |[[[xjs sav id _6jz5v4PQY4 O 5]] [[id type created_timestamp last_modified_timestamp signed_redirect_url dominant_color_rgb tag_info url title comment snippet image thumbnail num_ratings avg_rating page job]] [[dt_fav_images]] 10000] |

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: