Kiat-Kiat Menikah dengan Harga Murah

Kiat-Kiat Menikah dengan Harga Murah, Nikah 10 Kali Pun Tak Masalah

Memasuki bulan Rajab begini, biasanya mulai banyak resepsi pernikahan yang digelar oleh orang-orang penganut tradisi Jawa yang kuat.

Maklum dalam sistem kalender Jawa. Bulan Rajab dimaknai sebagai bulan yang sakral. Konon katanya, orang-orang yang menikah pada bulan ini akan mendapatkan keberkahan sepanjang hidupnya.

Keberkahan dalam berumah tangga bisa mewujud pada kemudahan mendapat anak, maupun kemudahan dalam mendapat rezeki.

Setiap orang yang sudah siap secara materiil berupa duit. Pasti orang-orang tersebut ingin menikah di bulan ini. Tapi nyatanya menikah itu gak murah semurah membeli tahu bulat yang hanya cukup dengan gopean.

Nikah itu mahal Bos, bahkan saking mahalnya, salah satu pasangan pengantin bisa saja mengorbankan ginjalnya untuk dijual demi membayar biaya pernikahan.

Tapi tenang, bagi kalian yang hanya punya duit pas-pasan buat melangsungkan hubungan pernikahan, kalian jangan ciut nyali dulu. Ada beberapa kiat-kiat nih, yang perlu kalian lakukan agar pernikahan kalian bisa lebih murah. Berikut kiat-kiatnya.

Gunakan Undangan Melalui Sosmed.

Membuat undangan cetak harganya cukup mahal sekarang Brey. Apalagi kertas yang digunakan adalah kertas kualitas terbaik. Wuah, pasti sangat mahal sekali.

Nah, supaya bisa meminimalkan pengeluaran untuk membuat undangan cetak. Kalian bisa menggantinya dengan undangan online melalui sosmed.

Selain lebih murah, bahkan gratis karena hanya modal kuota doang. Menggunakan sosmed juga lebih cepat pesan tersampainya.

Menikahlah Saat Hari Senin, Rabu, Atau Kamis, yang Penting Jangan Hari Minggu.

Banyak orang-orang melangsungkan pernikahannya pada hari minggu, dan pada hari weekend lainya.

Mereka yang mengambil pernikahan pada hari weekend memiliki tujuan supaya orang-orang yang diundang bisa memiliki banyak waktu luang.

Tapi nyatanya, melangsungkan pernikahan pada waktu weekend ternyata cukup banyak membebani anggaran pernikahan.

Beberapa jasa rias pengantin, sewa mobil buat jemput pengantin, dan sewa sound sistem biasanya akan membengkak harganya pada hari minggu. Jadi sebisa mungkin adakanlah pernikahan pada hari kerja.

Resepsi Pernikahannya Saat Maghrib Saja.

Kebanyakan pesta pernikahan diadakan pada siang hari. Alhasil, makanan yang disajikan kepada tamu undangan semuanya disantap habis.

Hal ini lantaran pada siang hari orang-orang sedang berada pada kondisi lapar setelah seharian bekerja.

Padahal, jika kalian mengatur acara resepsinya pada malam hari setelah Maghrib. Kalian tak perlu banyak menyuguhkan makanan.

Para tamu undangan biasanya sudah kenyang dulu. Umumnya saat malam hari, mereka pasti sebelumnya sudah makan dulu di rumah.

Jadi mereka pasti tidak nafsu lagi, memakan aneka hidangan pada acara resepsi pernikahan.

Andalkanlah Bantuan Kerabat

Dalam kebudayaan Jawa, dikenal sebuah tradisi sinoman. Tradisi ini dilakukan pada saat acara pernikahan.

Tradisi ini mewajibkan anggota kerabatnya agar memberikan bantuan berupa beras, gula, teh, maupun bantuan tenaga.

Cobalah kalian ikuti tradisi sinoman ini. Ajaklah sanak keluarga untuk membantu jalanya kelancaran pernikahan kalian. Dengan begitu, kalian tak perlu merogoh kocek untuk menyewa jasa event organizer.

Begitulah, kiat-kiat agar resepsi biaya pernikahan bisa lebih murah. Kalau mau nikah jangan mahal-mahal.

Kendatipun kalian banyak uang, jangan hambur-hamburkan uangnya. Uang itu nantinya akan berguna bagi kalian di masa yang akan datang.

Misalnya saja nih yah, biaya pernikahan kan hanya enam juta rupiah saja setelah melakukan penghematan seperti kiat-kiat di atas.

Sedangkan kalian bisa mengumpulkan uang sebanyak 60 juta yang seharusnya uang itu habis buat sekali nikah.

Tapi kalian bisa menghematnya dengan modal 6 juta saja. Kalian pun bisa menikah sebanyak 10 kali, enak kan. Hihi

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: