Keyword Kanibal & Dampak Buruknya Bagi Website

1

Keyword Kanibal SumantoAlgoritma google yang semakin hari semakin membuat bingung para blogger dan praktisi SEO, menjadi sebuah tantangan agar dapat menjadi yang terdepan, dikala web-web lama yang dahulunya tersangkut di page 1 kini hilang dalam pencarian šŸ˜€

Secara tidak kita sadari, web-web yang dulunya nancap di page 1 yang kini disepak google salahsatu penyebabnya yaitu lantaran keyword kanibal. Apa itu keyword kanibal ?

Sepertinya rada-rada mirip dengan kanibal holocaust yang banyak beredar di situs video ternama yusuf.com, (Bang Rafly bilang situs yutub sudah ganti nama jadi yusuf šŸ˜€ )

Keyword Kanibal terjadi saat terlalu banyaknya halaman yang dioptimasi dengan kata kunci yang sama. Dan saat Google merayapi situs web yang memiliki beberapa post dengan kata kunci yang sama, maka Google akan menentukan halaman mana yang memiliki kemiripan paling tinggi dengan kata kunci yang ditentukan. Hal ini membuat kebingungan dan akan meningkatkan kemungkinan google akan memilih halaman yang kurang ideal.

Keyword Kanibal akan memaksa beberapa halaman yang memiliki kata kunci yang sama untuk bersaing satu sama lain. Jangan hanya karena ambisi melawan domain pesaing yang berada diatas kita menyebabkan halaman kita saling bertarung satu sama lain.

Cara Menghindari Keyword Kanibal

1. Hindari Tags Yang Berlebihan

Ambisi memang sulit untuk dikendalikan, terkadang orang berfikir, mengoptimalkan kata kunci menggunakan tags adalah cara tercepat untuk menguasai kata kunci, sehingga mereka membombardir posting dengan tags. Mungkin pada awalnya memang memberikan efek sempurna, tapi seiring berjalannya waktu ini akan menjadi boomerang bagi website tersebut.



2. Hindari Artikel Yang Monoton

Dari hasil analisa saya, website yang disepak google dari kedudukannya rata-rata memiliki artikel yang monoton, dalam artian mereka menulis posting dengan kalimat yang hampir sama dan hanya membolak-balik kata yang sudah ada pada artikel sebelumnya.

3. Cek Duplikat Pada Meta Deskripsi

Meta deskripsi berperan sangat penting, sebab ketika robot google bertandang ke rumah kita, hal yang pertama di lakukannya adalah mengobok-ngobok meta deskripsi, so, hati-hati loh mbah, jika josua ngambek bisa dilaporin ke DMCA

3. Cek Tautan Internal

Strategi pemasangan internal link dinilai cukup bagus untuk mendongkrak artikel yang sudah ada, namun akan menjadi boomerang jika kanibal sudah mengambil alih kekuasaan. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas hal ini lebih jauh, so jangan kemana-mana pantengin website ini selama 7 hari 7 malam šŸ˜€Ā  Update Dapat dilihat disini : Apa Itu Cornerstone Content ? | Mengenal Fitur Baru Plugin Yoast SEO

Jika website anda sudah terlanjur digerogoti kanibal, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memulihkan kembali situs anda.

  1. Jika memungkinkan perbaiki kualitas artikel dengan menambah beberapa paragraf
  2. Jika tidak memungkinkan memperbaiki halaman, siapkan redirect 301 ke halaman yang menurut anda memiliki kualitas yang baik, agar google dapat memusatkan pencarian pada halaman yang ditargetkan.
  3. Update semua internal link, dan tujukan pada 1 artikel yang paling berkualitas.

Setelah Anda memperbaiki masalah SEO ini, anda dapat menautkan kode pelacakan google analityc, Laporan google analityc dapat membantu penilaian kemajuan faktor SEO.

Okelah, sekarang sudah sampai pada penghujung tulisan, jika anda masih betah silahkan anda bermalam disini, jangan lupa bawa autan dan kain sarung. Salam *SUMANTO*

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

1 Comment

  1. Pingback: Apa Itu Cornerstone Content ? | Mengenal Fitur Baru Plugin Yoast SEO

Leave A Reply

%d bloggers like this: