Keunggulan Beton Instan Dibanding Beton Cor Curah

1

Apa Itu Beton Instan ?

Beton instan adalah beton atau semen cor yang sudah diberikan campuran berbagai bahan bermutu yang telah teruji kelayakannya, campuran tersebut diantaranya semen, pasir, filler dan additive. Penggunaannya hanya cukup dengan menambahkan air saja. sehingga beton instan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan beton cor curah atau konvensional.

Kualitas Beton Instan tidak sama dengan kawan sejawatnya “mie instan” Jika pada mie instan yang sudah ditambahkan air semakin lama akan semakin lembek, lain halnya dengan beton instan, jika sudah ditambahkan air, maka semakin lama ia akan semakin keras dan semakin kokoh. (Ya jelas bro, masa sih lo bandikan sama mie instan) 😀

Penggunaan Beton Instan

Untuk penggunaan beton instan hampir sama persis seperti mie instan, hanya cukup dengan menambahkan air saja (Namun tidak perlu air panas), sudah mendapatkan adukan semen cor dengan kualitas yang direncanakan. Hal ini sama persis seperti aturan pakai pada bungkus mie instan, tentunya penggunaan air harus sesuai takaran yang dianjurkan, agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Keunggulan Beton Instan

Keunggulan pertama tentu saja adalah kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya, namun selain itu ada juga berbagai keunggulan lain yang mungkin belum anda ketahui, yaitu :


1. Proses Pengerjaan Dilapangan Lebih Cepat

Ya tentu saja akan lebih cepat karena pada proses aplikasi dilapangan, hanya air saja yang dibutuhkan, beton instan ini sangat cocok untuk aplikasi diarea yang sempit ataupun sulit dijangkau. Berbeda dengan penggunaan beton curah, yang harus menggunakan pasir curah yang tentunya melalui beberapa proses seperti pengayakan, hal ini akan memakan waktu dan juga tempat. Namun dengan beton instan proses pengecoran akan terasa lebih cepat dan juga terjamin, karena tentunya penggunaan campuran bahan-bahan beton instan seperti pasir, filler dan additive yang terkandung didalamnya sudah melalui proses pembersihan & pemilihan dengan mesin yang canggih sehingga sudah teruji kualitasnya.

2. Konsisten & Tertakar

Pencampuran bahan-bahan pilihan tentunya menggunakan mesin berteknologi tinggi, sehingga takaran antara semen, pasir dan bahan-bahan additive lainnya dicampur dengan takaran yang tepat dalam setiap kemasannya. hal ini Sangat berbanding jauh dengan penggunaan Beton konvensional yang harus mengukur penggunaan semen dan pasir dengan perkiraan tukang.

3. Kekuatan Beton Yang Diinginkan

Ketika kita ingin menentukan kekuatan sebuah bangunan, tentunya semua harus direncanakan dari awal, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kekuatan beton, maka penggunaan beton instan adalah pilihan yang tepat karena dengan menggunaan beton instan, kita dapat menentukan kekuatan beton dari mutu beton yang dapat kita pilih.

Untuk mutu beton biasanya sebuah pabrik beton instan akan mengeluarkan standar mutu yang dikelompokan berdasarkan kelas, yaitu :

Beton Kelas 1 : Yaitu Kelas Beton Non Struktural, atau penggunaannya dalam skala kecil, seperti untuk pembanguanan rumah ataupun ruko, Beberapa mutu yang dikelompokan sebagai beton kelas 1 yaitu :

  • B0 Non Screening, Kekuatan tekannya adalah 50-80 Kgf/cm2. Jenis mutu beton ini baik digunakan untuk pekerjaan screed lantai dan leveling lantai
  • B0 Screening, Direkomendasikan digunakan dalam segala jenis pekerjaan screed lantai, atau leveling lantai dengan ketebalan lebih dari 3 Cm
  • Beton Cor Kolom Bata Ringan (BKBR), direkomendasikan untuk kolom praktis pada bata ringan dengan tebal 7,5cm s/d 10Cm menggunakan screening sehingga dapat masuk pada celah¬celah yang sempit.
  • K175, baik digunakan dalam segala jenis pekerjaan beton dinding maupun lantai, seperti kolom praktis, screed lantai, meja dapur/kitchen zink. Sangat cocok untuk kolom praktis pada dinding dengan tebal 7,5Cm aId 10Cm

Beton Kelas 2 : Yaitu kelas beton untuk pekerjaan strukturan seperti Pondasi, Sloof, jalan, dinding maupun lantai. yang termasuk dalam mutu beton Kelas 2 yaitu K 225, K 250, dan K 275


Beton Kelas 3 : yaitu kelas beton khusus dengan kekuatan tinggi, biasanya banyak digunakan proyek pembangunan gedung bertingkat, pembangunan jembatan, dan sebagainya. yang termasuk dalam mutu beton Kelas 3 yaitu K 325, K 350, K 375, K 450, dan K 500

Pabrik Beton Instan

Di era yang ingin serba instan ini tentunya kebutuhan beton instan juga semakin meningkat, sehingga saat ini banyak pula pabrik-pabrik beton instan yang berdiri ditanah ibu pertiwi ini, Namun disaat banyaknya pesaing, ada beberapa pabrik “nakal” menjual dengan harga beton instan yang jauh lebih murah, dengan menurunkan kualitasnya. Bangunan anda merupakan aset berharga, jangan sampai hanya karena salah memilih beton, semuanya menjadi kacau. Dan berikut ini tips untuk memilih beton instan indonesia berkualitas.

  1. Pilih beton instan dengan kemasan yang rapi dan tidak mudah sobek, agar kualitas dan kelembaban dapat tetap terjaga
  2. Cari tahu terlebih dahulu asal-usul serta testimonial pengguna di Internet.
  3. Pastikan perusahaan atau pabrik beton instan yang anda pilih memiliki legalitas serta alamat kantor yang jelas.
  4. Jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dibawah pasaran

Rekomendasi Beton Instan Berkualitas

Meski saat ini sudah sangat banyak pabrik beton instan di Indonesia, namun saya tetap mempercayakan segala jenis pembangunan maupun renovasi rumah kepada Beton Instan Betomix Nusantara, karena menurut saya pribadi, kualitas beton instan betomix itu sangat terjaga. Bahkan saat berkunjung langsung ke workshopnya di Jl. Raya Diklat Pemda No. 88, Tangerang, Banten. yang kebetulan lokasinya tidak begitu jauh dari rumah saya, saya dapat melihat langsung proses pencampuran berbagai bahan dengan menggunakan mesin berteknologi modern.

Selain itu, Saya juga sempat bertemu dengan pimpinan perusahaan Betomix Nusantara, yaitu Bpk. Franky yang begitu selektif dalam melakukan pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Disamping itu beliau juga pemimpin yang tegas, agar karyawannya selalu menjaga kebersihan diarea pabrik, Menurutnya ini dilakukan agar mutu dari betomix tetap terjaga.

Pabrik beton mix instan yang berdiri dengan legalitas PT. Betomix Nusantara Lestari itu sudah beroprasi sejak awal tahun 2014, dengan memproduksi dan mensuplai kebutuhan beton instan untuk proyek maupun retail.

Menurut Bpk. Franky, masyarakat Indonesia khususnya yang masih berada di pedesaan, masih belum begitu mengenal Beton Instan, padahal jika dibandingkan dengan adukan semen konvensional, kualitas beton instan betomix jauh lebih baik, tentunya ini akan menghebat biaya karena umur bangunan akan jauh lebih lama dibandingkan dengan penggunaan beton cor curah.

So, jika anda tertarik menggunakan Beton Instan Betomix, berikut ini adalah penampakan kemasan Beton Instan Betomix.

Beton Instant Betomix

beton instan jalan raya |beton instan untuk apa saja |

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

1 Comment

  1. Pingback: Mesin Cuci Manual + Alat Pembakar Kalori & Penurun Berat Badan

Leave A Reply

%d bloggers like this: