Empat Kebiasaan Warga Jepang Yang Layak ditiru Warga Indonesia

Empat Kebiasaan Warga Jepang Yang Layak ditiru Warga Indonesia

Gempuran gempa terus melanda negara Jepang tiap waktu, serta kadang diikuti hentakan tsunami yang bisa meluluh lantahkan kota-kota Jepang kapan pun. Kendati gempa bumi berkali-kali meluluh lantahkan kota-kota di Jepang, tapi aneh nya. Tidak butuh waktu yang lama Jepang membangun kembali kota nya yang telah porak-poranda.

Emang dasarnya penduduk Jepang saja kali, yang punya ajian kesaktian di dalam tubuhnya. Makanya Jepang di landa gempa pun, kotanya bisa tetap tegak berdiri kembali. Ya gak ?

Sebetulnya penduduk Jepang itu tidak memiliki kesaktian apa-apa. Mereka manusia biasa, seperti pada umumnya manusia di negara lainya. Hanya saja ada beberapa kebiasaan positif yang membuat Jepang menjadi negara maju. Berikut beberapa kebiasaan positif masyarakat Jepang yang layak ditiru.


Menjunjung Sopan Santun Sangat Tinggi Kepada Orang Lain.

Orang Jepang di kenal memiliki kepribadian yang sangat sopan. Beberapa dari mereka kita amati jika bertemu dengan orang lain. Orang Jepang biasa membungkukkan badanya. Kebiasaan membungkukkan badan ini sudah di praktikan berabad-abad lamanya, bahkan sudah menjadi pelajaran wajib dalam mata pelajaran Bunpou.

Kita perlu meniru laku sopan santun orang Jepang ke dalam versi Indonesia. Misalnya dibiasakan berjabat tangan, atau bertegur sapa ketika bertemu teman. Dengan membiasakan laku hidup seperti ini, bisa dipastikan Indonesia bisa menjadi warga yang beradab.

Keuletan Tinggi dalam Bekerja

Dari 128 negara di dunia, Jepang merupakan salah satu negara yang memberlakukan jam kerja paling panjang di dunia. Orang-orang Jepang sangat gila kerja. Bahkan mereka sering sekali mengambil lembur kerja hingga larut malam.

Kendati warga Jepang sangat gila dalam bekerja, tapi jangan ditiru gaya kerja rodi nya yah. Cukup kerjalah 8 hingga 10 jam saja biar kesehatanmu tetap prima. Selama ini warga Jepang terlalu bekerja dengan “ngoyo”, hingga angka kematian di tempat kerja di Jepang, menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Sangat Suka Membaca Buku

Bagi orang Jepang, filosofi “aku membaca, maka aku ada” menjadi semacam candu bagi masyarakat Jepang. Karena ada filosofi ini, Jepang menjadi negara nomor satu di dunia yang memiliki tingkat minat baca menurut survei Pisa Internasional.



Warga Jepang terbiasa menenteng buku di tempat-tempat umum. Bahkan saat sedang “boker” sekalipun yang sering di namakan dengan tradisi osamaru. Warga Indonesia tak perlu meniru tradisi ini, karena di Indonesia terasa tak etis. Warga Indonesia tetap bisa meniru filosofi semangat membaca buku nya orang Jepang dengan cara membaca buku di perpustakaan, di taman, di dalam kereta, dlsb. Asal membaca bukunya jangan pas lagi mandi, nanti matanya ke colok sabun kan bahaya jadinya.

Tidak Mudah Merasa Puas Diri dengan Pencapaiannya

Sudah diberi Nasbung (nasi bungkus) sama seseorang sebagai upah bekerja saja kita biasanya sudah merasa puas. Nah, suka tidak merasa puas ini tidak berlaku di mata Warga negara Jepang.

Kalau tujuan hidup masyarakat Jepang belum tercapai dengan baik. Ia akan mencari solusi bagaimana caranya agar tujuan hidup itu bisa tercapai dengan baik.

Bahkan saking terobsesinya warga Jepang terhadap kepuasan diri. Mereka memutuskan hara kiri (bunuh diri) jika tujuan hidup itu belum tercapai.

Warga Indonesia tidak perlu mencontoh mentah-mentah kebiasaan warga Jepang seperti itu. Tapi kita bisa mengambil motivasi tidak mudah patah semangat diri sebagai bagian dari motivasi hidup agar terus mengembangkan potensi diri menjadi lebih baik. Dengan begitu kemajuan peradaban Jepang,  bisa juga di raih Indonesia, dalam sekejap.

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: