Ini Lho 4 Kalimat Jitu Jika Hendak Marahi Pasangan Agar ia Bisa Introspeksi

0

Sarlito Wirawan, Sosiolog ternama asal Indonesia pernah menyebutkan bahwa sikap marah adalah curahan emosional yang rawan menimbulkan konflik.

Apa yang diutarakan oleh Sarlito Wirawan memang benar, bahwa perasaan marah yang dicurahkan kepada orang lain bisa menimbulkan konflik jika pengungkapan rasa marahnya berlebihan.

Pengungkapan rasa marah kepada orang lain tidak boleh frontal, namun harus diungkapkan kemarahan tersebut dengan bahasa yang lebih halus. Jika kemarahan kepada seseorang diikuti dengan bahasa-bahasa binatang, maka orang yang akan dimarahinya malah akan “melunjak”.

Mereka yang dimarahi tidak terima. Bukanya marah kalian agar si dia sadar dengan kesalahannya, justru bibit konflik baru malah akan muncul. Nah, bagi kalian yang saat ini sedang kesal dengan sikap pasangan, dan ingin mencoba memarahinya.

Ada baiknya kalian mencoba beberapa gaya marah yang tak membuat perasaan pasangan tak balik memarahi kalian. Berikut gaya kalimat saat marah yang boleh dicoba.

“Aku Gak Papa Digituin, Tapi Kalau Diulangi Terus-Terusan ya Beda Lagi.”

Kalimat ini mengandung sindiran bagi pasang kalian agar tak mengulangi kesalahan yang sama. Adanya klausa “gak papa digituin” maksudnya kalian mentolerir kesalahan pasangan kalian sebagai kodrat manusia yang memang tempatnya salah.

Sedangkan pada klausa “Tapi kalau diulangi terus-terusan ya beda lagi” ini maksudnya kalian tak akan mau memaafkan jika pasangan melakukan kesalahan yang sama. Gaya marah dengan kalimat seperti ini, pasangan pasti akan sadar dengan kesalahannya.

Sebelum Lakukan Tindakan Itu Coba Pikirin Dulu Masa Depan Kita”

Kalimat ini bisa kalian gunakan saat pasangan melakukan tindakan teledor. Misalnya saat ia teledor menuduh rekan kerja kalian yang malah ia sangka sebagai selingkuhanmu, atau tindakan teledor lain.

Maksud kalimat tersebut yaitu, kalian memaklumi bahwa pasangan kalian wajar saja melakukan kesalahan itu. Tapi, pasangan kalian diingatkan agar memikirkan dulu masak-masak, sebelum menuduh kalian selingkuh.

“Gak Ngasih Kabar Gak Masalah, Tapi Tolong Jangan Sampai Lupa kalau Kamu Punya Pacar.”

Dalam hubungan asmara. Salah satu pasangan ada yang sibuk dengan pekerjaan sendiri, dan aktivitasnya sendiri memang hal yang jamak. Hal itu wajar-wajar saja.

Tapi jika pasangan kalian terlalu keterlaluan ”over sibuknya”. Kalian bisa langsung semprit si dia dengan menggunakan kalimat ini.

Maksud dari kalimat ini yaitu. Kalian mentolerir jika pasangan sedang sibuk, tapi kalian mengingatkan kepadanya bahwa sesibuk-sibuknya pekerjaan. Ia tak boleh melupakan pacarnya. Jadi kalimat ini jenis kalimat satir yang lebih halus pemaknaannya.

Aku Tahu Hal Ini Tak Disukaimu, Tapi Ini Demi Kebaikan Masa Depanmu, Apa Salahnya Dicoba?”

Kadang pasangan suka kekeh dengan pendiriannya. Sifatnya tak cair, sehingga saat ada orang-orang yang memberi masukan kepada orang tersebut dianggap sedang menggurui. Nah, bagi pasangan kalian yang memiliki kecenderungan sifat yang semacam itu.

Cobalah menggunakan kalimat ini untuk menegurnya. Kalimat yang satu ini maksudnya, kalian memahami bahwa pasangan tak suka dengan pekerjaannya. Misalnya saja ia tak suka “menjadi guru”.

Maka sebagai pasangannya. Jika kalian menganggap guru adalah pekerjaan yang bisa memberikan masa depan cerah untuknya. Maka kalian bisa memberikan komentar dengan kalimat seperti ini.

Pasangan yang diberikan komentar ini  pasti akan menerima masukannya. Alhasil pacar pun tidak berbalik memarahi.

Yah, memarahi seseorang memang tak mudah. Perlu menggunakan strategi permainan kalimat yang halus. Asal marahnya tidak dibarengi dengan penghinaan fisik. Pasti ekspresi kemarahan akan dijadikannya sebagai bahan introspeksi diri. Selamat Mencoba !!!

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: