Percaya Isu Telur Palsu ? Beginilah Penjelasan Logisnya

0

Berita hoax yang lagi ngetren lagi-lagi membuat kita kerasa ketar-ketir. Seperti peristiwa yang belakang ini sedang populer dibicarakan masyarakat Indonesia. Yaitu yang sedang dibicarakan mengenai hoax tentang telur palsu.

Hoax tentang beredarnya telur palsu sebetulnya sudah lama terjadi pada tahun-tahun yang lalu. Ketika itu hoax telur yang muncul yaitu hoax pedagang telur yang ada di KRL. Hanya saja, isu bahwa telur palsu itu tidak terbukti.

Eh, di tahun 2018 ini isu telur palsu muncul kembali. Bahkan sepuluh tahun yang lalu, hoax telur palsu juga pernah ramai dibincangkan banyak orang. Saat itu isunya ada telur palsu yang memiliki cangkang berwarna kehitam-hitaman.

Telur disebut juga disebut palsu. Mereka bilang saat telur tersebut di rebus bagian kuningnya tak berbentuk bulat. Nyatanya, bentuk telur seperti itu bukan karena telurnya yang palsu.

Tapi telur asli seperti biasanya. Hanya saja telur yang direbus kuningnya tak berbentuk bulat karena telur tersebut adalah telur yang gagal menetas. Jadi telurnya asli.

Uniknya, pada tahun 2018 ini wacana telur palsu kembali menguak. Isu telur palsu diketahui berasal dari unggahan video di sosmed yang diperankan oleh ibu-ibu.

Saat ibu-ibu itu memegang kuning telur. Ibu itu keheranan karena kuning telurnya tidak pecah. Ibu-ibu tersebut juga mengaku bahwa dibagian bawah kuning telurnya seperti ada lapisan kertas.

Video-video hoax model pesulap memang kerap terjadi. Sebelumnya, ada juga tuh, video gorengan bisquit yang menyala saat biskuit tersebut dibakar. Belakangan ternyata video itu palsu.

Kecurigaan terhadap benda-benda palsu memang sebetulnya wajar saja. Toh nyatanya, memang ada banyak sekali barang-barang di sekitar kita yang banyak dipalsukan.

Taruhlah saja obat palsu, lukisan palau, hingga HP palsu pun banyak beredar. Kecurigaan terhadap barang-barang tersebut punya alasan kuat. HP, dan obat-obatan itu kan bikin manusia, jadi wajar kalau bisa dipalsukan.

Tapi kalau curiga ada telur palsu, lalu banyak orang-orang yang mempercayai broadcast message bahwa telur bisa dipalsukan ini keterlaluan. Telur itu buatan Tuhan, masa bisa dipalsukan, tidak mungkin dong ya.

Telur sebagaimana yang sering jadi objek kajian di dunia biologi molekuler. Telur ini sering disebut sebuah satu kesatuan proses reproduksi. Telur memiliki fungsi untuk membungkus bakal bayi (embrio) dari kemungkinan mengalami guncangan, dan benturan.

Kulit telur didesain tahan bakteri. Beberapa penelitian canggih yang di paparkan dalam buku The Avian Egg karya Vadehra juga menyebutkan bahwa cangkang telur sangat resistan terhadap virus.

Pembentukan cangkang sendiri butuh proses yang sangat rumit. Hal ini menandakan ada keterlibatan tangan-tangan Tuhan. Maka kerumitan pada telur ini menjadikan sebagai wujud nyata kemampuan Tuhan dalam penciptaan makhluk hidup.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana bisa telur dapat dipalsukan yang jelas-jelas telur ini buatan Tuhan. Toh hingga saat ini. Belum ada satu pun ahli genetika, dan ahli biologi molekuler yang mampu membuat telur. Bahkan membuat bagian kulit telurnya pun tak bisa.

Lagian jika telur palsu memang benar-benar ada. Maka harga telur palsu jelas lebih mahal. Karena teknologi rekayasa genetika yang digunakan untuk membuat telur palsu jauh lebih mahal, apalagi penambahan sejumlah zat-zat tertentu pada telur yang tak murah harganya.

Jadi isu telur palsu hanya hoax semata. Dengan kalian mempercayai bahwa memang ada telur palsu berarti otomatis kalian meragukan kuasa Tuhan.

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: