Macam Macam Jenis Alat Hand Tools dan Fungsinya

0

Hand Tools atau yang lebih dikenal dengan nama perkakas tangan memiliki peran yang sangat penting yang berfungsi sebagai alat bantu khususnya untuk dunia perbengkelan dan mekanika teknik. Ada berbagai macam jenis hand tools yang beredar dipasaran, yang masing-masing jenisnya memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini beberapa jenis hand tools yang umum digunakan sebagai alat bantu montir atau mekanik di lapangan.

Alat Ukur

Alat kur berfungsi sebagai alat bantu Saat Anda membuat pola pada pembuatan konstruksi, Agar saat dipotong bisa pas dengan ukuran yang di tetapkan. Jika pemotongan dilakukan tanpa pengukuran yang akurat. Maka saat digabungkan dengan komponen lain maka part yang sudah di potong tidak akurat dan tidak pas ketika dipasang.

Gergaji

Gergaji atau dalam bahasa inggrisnya disebut Handsaw, merupakan salahsatu jenis Hand Tools yang berfungsi sebagai alat potong atau alat belah untuk kayu atau besi yang banyak digunakan dalam industri pertukangan maupun mekanika dan teknik



Palu

Palu atau biasa dikenal sebagai hammer sangat memainkan peran vital supaya paku yang ditancapkan ke sebuah objek dasar berupa papan, atau beton bisa masuk terdorong ke dalam. Anda bisa melakukan tugas itu tentunya dengan palu.

Tanpa ada keberadaan perkakas palu, mustahil sekali paku tersebut dapat tertancap sempurna di sebuah papan kayu, maupun beton. Palu telah hadir sebagai bagian penting dari hand tools, atau perkakas tangan yang harus tersedia bagi para mekanik dalam membuat suatu konstruksi.

Kunci Ring

Kunci Ring atau wrenches ring menjadi salah satu Alat-alat mekanik yang paling banyak digunakan untuk mencopot mur atau baut, karena salah satu jenis hand tools ini memiliki fungsi dengan resiko selek yang sangat tipis

Kunci L

Biasanya kunci L sering dipakai pada industri otomotif pada mobil. Di mana proses pengenduran baut, atau pengencangan pada baut banyak menggunakan kunci L terutama pada sudut-sudut yang sangat sempit di jangkau kunci pas biasa.

Ukuran kunci L cukup beragam. Terutama kunci L yang buatan dari pabrikan Stanley. Mulai dari ukuran 2mm hingga 22mm. Ukuran yang sangat beragam ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kunci Inggris

Kunci Inggris atau yang bisa disebut dengan kunci Adjustable Wrench memang difungsikan agar bisa membuka baut dengan berbagai jenis ukuran mata baut. Baik yang bentuknya heksagonal, maupun torx. Semua bisa ditangani dengan mudah dengan kunci Inggris.

Kemultifungsian kunci Inggris ini di dapatkan dari fleksibilitas rahang kunci yang bisa diputar untuk menyesuaikan dengan ukuran baut yang akan Anda kendurkan. Jika Anda menemui masalah baut yang tidak bisa dibuka dengan berbagai jenis kunci pas.

Obeng

Obeng menjadi salah satu perkakas yang paling populer diantara semua jenis hand tools, bagaimana tidak, jenis hand tools yang berfungsi sebagai alat pengencang atau pengendur sekrup ini umumnya dimiliki semua orang dirumahnya masing-masing.



Kunci Momen

kunci momen, atau istilah lainya bisa disebut sebagai torque wrench. Kegunaan kunci wrench yaitu agar pada saat proses pengencangan baut maupun pengenduran bisa sesuai dengan kompabilitas pengait dengan tepat. Tidak boleh terlalu kuat, juga tidak boleh terlalu longgar.

Jika Anda tidak menggunakan kunci momen. Misalnya menggunakan kunci ring. Akibatnya nanti bisa bahaya.

Terutama jika baut yang Anda kencangkan terlalu kuat, maka ikatannya bisa lepas, karena baut akan kehilangan elastisitasnya. Demikian juga ketika Anda mengencangkan baut terlalu longgar akibatnya pun juga sama, bahkan bisa berujung dengan kecelakaan.

Nah supaya keakurasian pengencangan baut bisa sesuai tidak longgar, dan tidak berlebihan ikatannya. Anda harus menggunakan kunci momen.

Penggunaan kunci momen ini dirasa tepat karena alat ini terdapat penyetel mikrometer pada kuncinya. Anda tinggal lihat saja jarumnya, sudah sesuai atau belum.

Kunci Pipa

Perkakas kunci pipa saat digunakan untuk menyambung ulir pipa ini sebetulnya hampir sama cara kerjanya dengan kunci Inggris. Kunci pipa terdapat rahang diam, rahang geser, dan ulir penyetel yang bisa disesuaikan ukurannya sesuka hati.

Agar proses pemasangan pipa tidak bergeser. Presisi pada tempatnya. Kunci Pipa ini dibekali dengan mata gerigi untuk mencekram permukaan pipa agar tidak bergeser saat di cepit.

Kunci Raja

Kunci raja merupakan hand tools sangat cocok digunakan untuk mengendurkan baut yang memiliki sudut heksagonal, jenis perkakas ini berfungsi untuk menencangkan dan mengendurkan baut dan menghindari resiko selek.



Nah, itulah beberapa Macam  Jenis Alat Hand Tools dan Fungsinya yang pada umumnya digunakan sebagai alat bantu motir dan mekanik, sebenarnya masih banyak jenis-jenis hand tools lainya yang memiliki fungsi bagi para profesional, selebihnya anda dapat mencari aneka hand tools yang lengkap di PT. Enera Teknika Utama selaku Distributor Hand Tools Professional Paling Terkemuka.

Mengapa PT. Enera Teknika Utama ? Ya, karena perusahaan tersebut menyediakan segala jenis hand tools profesional dari berbagai brand ternama di dunia seperti Stanley, Dewalt, Bahco, Blue Point, Snap-on, & Britool.

Mengenai Harganya juga terbilang sangat terjangkau dibanding produk distributor lain. PT Enera Teknika Utama bisa menjamin bahwa produk kunci momen yang disediakan PT Enera Teknika Utama sudah pasti asli.

Keaslian produk yang ditawarkan distributor PT Enera Teknika Utama dilengkapi dengan sertifikasi resmi dari masing-masing brand sehingga terjamin keaslian produk yang disediakan PT Enera Teknika Utama.

Jika Anda butuh banyak variasi dapat langsung menghubungi Customer Service perusahaan tersebut, Karena PT Enera Teknika Utama menyediakan berbagai bentuk bentuk kunci momen yang bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhan.

PT. Enera Teknika Utama
Spesialist Hand Tools and Equipment For Automotive, Manufacture, Oil & Gas, Mining, Rail Way & Aviation

Marketing Office
Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Ruko Kebayoran Arcade 3, Blok E1 No.6, sektor 7 Bintaro Jaya Tangerang Selatan

Kontak

Telp. (021) 222-13376 / 222-13375
Mobile. 08985453904 – 081294255756 – 081908028989
Email. [email protected]

fungsi hand tool mekanik |Apa saja peralatan hands tools |macam macam hand tool |

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

Loading...
%d bloggers like this: