Dampak Buruk Overdosis Media Sosial, Ini Penyebab & Solusi Jitunya

0

Coba perhatikan teman-teman di samping kalian saat ini. Aktivitas apa yang biasa dikerjakan saat berkumpul bersama teman-teman. Yaps, pasti lagi padi sibuk mainan gadget sendiri-sendiri di tangannya.

Padahal, untuk mengumpulkan semua teman-teman ke dalam satu acara butuh perjuangan yang tak mudah. Keringat bercucuran, serta butuh pengorbanan waktu yang tak sedikit. Pengorbanan itu menjadi sirna, ketika teman-teman yang lain malah sibuk sendiri-sendiri mainan gadget.

Berkumpul bersama teman, dengan kondisi seperti ini tentu jauh sekali dari apa yang kamu harapkan. Kamu biasanya berpikir kalau nongkrong bersama teman-teman itu isinya tertawa bersama, bersendau gurau bersama, dan mengobrol bareng tentunya. Bukan malah sibuk dengan gadget nya masing-masing. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada lingkungan kita saja loh. Tapin hampir menjangkitimu dunia lainya.



Dalam sebuah penelitian tentang Gejala Penggunaan Sosial yang dirilis oleh We Are Social. Terdapat 106 juta pengguna sosial media yang aktif di Indonesia. Dari ke 106 juta orang, 70% di antaranya selalu mengecek media sosial selama 7 jam hingga 10 jam. Jadi yang mainan medsos banyak sekali.

Sebetulnya tak apa-apa sih banyak orang main medsos, sebagai ajang sarana bertukar informasi, dan berkomunikasi. Tapi yang disayangkan yaitu penggunaan medsos yang tanpa batas. Seperti maen medsos sambil makan, main medsos saat di ajak mengobrol bareng teman, sampai main medsos sambil boker pun di lakukan. Ya, begitulah, banyak orang mainan medsos sampai overdosis.

Sebetulnya Kenapa Sih, Banyak Orang Overdosis Main Medsos

Orang-orang banyak terkena overdosis mainan medsos banyak disebabkan karena tidak adanya ruang berekspresi yang memadai. Mereka kemudian mencari perhatian dengan meng-upload foto-foto pencitraan di medsos, demi hanya mendapatkan like banyak. Kamu pasti pernah nemuin temanmu yang upload foto di Instagram dengan disertai caption “lagi sakit.” Padahal mah kondisinya sehat-sehat saja.

Lucunya lagi kadang ada teman kita yang upload foto di Instagram lalui di bumbui captiondelete soon”. Eh, ketika fotonya banyak di respon orang, dan di like banyak. Itu kok fotonya tak jadi di hapus ya. Maksudnya apa coba, memberi caption seperti itu pada Instagram.



Lalu tujuan mereka apa ya ? Ya tujuannya tentu saja ingin mendapat perhatian, dan pengakuan bagi teman-teman sekitarnya. Bahwa ia ini orang yang berpengaruh bagi sekitarnya. Krisis akan pengakuan, atau yang dalam ilmu-ilmu sosial disebut krisis eksistensialisme para pemuda Indonesia tersebut diawali dari ketidak percayaan diri sendiri akan kemampuannya. Karena itu mereka menggunakan medsos untuk memupuk kepercayaan dirinya. Ya namanya sudah masuk era jaman now yang semuanya serba digital, alih-alih mencari perhatian dengan berbuat baik bagi masyarakat sekitar, malah mencari perhatian di medsos pakai pencitraan palsu.

Nah masalah yang lebih pelik muncul ketika media sosial kemudian digunakan sebagai tempat pelarian dari dunia nyata. Orang-orang yang terbiasa menjadikan medsos sebagai tempat pelarian dari dunia nyata bisa berakibat tidak lagi peka terhadap lingkungan sekitarnya. Akibatnya diajak ngobrol bareng teman pun, malah asyik ngobrol sendiri-sendiri. Nah lho.

Maka dari itu saat kumpul bareng teman-teman biar suasananya asyik, dan tak ada yang mengobrol sendiri-sendiri. Baik di acara reunilah, atau acara kumpul keluarga. Sebelum pertemuan itu diadakan, buatlah kesepakatan di awal agar teman-teman yang kita ajak mengumpul tidak perlu membawa gadget. Kalaupun ada yang ngotot bawa gadget, bolehkan saja. Asal pakai hp jadul yang berlayar kuning. Jadi potensi sibuk sendiri karena buka medsos, bisa teratasi.

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: