Cat Lantai Epoxy – Keunggulan & Cara Aplikasi

0

Apa Itu Cat Lantai Epoxy ?

Cat Lantai epoxy adalah sebuah metode coating atau perlindungan lantai dengan menggunakan bahan pelapis epoxy resin dan hardener/polymed yang direaksikan hingga membentuk suatu senyawa yang dapat merekat kuat pada permukaan lantai.

Cat Lantai Beton

Pada umumnya pengecatan lantai epoxy diaplikasikan pada lantai sejenis beton, namun belakangan ini epoxy lantai banyak juga di terapkan pada lantai keramik ataupun lantai metal, karena penggunaan lantai epoxy di klaim memiliki banyak keunggulan khususnya untuk area industri, pergudangan, dan farmasi.


Keunggulan Cat Lantai Epoxy

  • Non-Forous atau Non-Pori

Efek Non-Forous atau non-pori pada lantai yang telah dilapisi epoxy adalah keunggulan utama yang dapat membuat lantai lebih bersih dan higienis, sehingga dapat menghambat perkembangan bakteri dan jamur pada lantai.

  • Lebih Indah

Lantai epoxy dapat memberikan efek gloss, sehingga dengan teknik pelapisan epoxy, lantai akan terlihat lebih indah apalagi dipadukan dengan warna-warni yang lebih cerah tentunya akan membuat lantai memiliki nilai seni tersendiri.

  • Anti slip

Lantai yang dilapisi epoxy dapat megurangi resiko slip, khususnya untuk area dengan lalulintas tinggi yang sering dilewati alat berat.

  • Mudah Dibersihkan

Berbagai jenis kotoran seperti debu, oli, dan berbagai jenis kotoran yang lengket sekalipun akan sangat mudah untuk dibersihkan dilantai yang telah dilapisi oleh cat epoxy.

  • Lebih Kokoh & Anti Gores

Perpaduan antara resin dan herdener/polimed dapat membuat suatu pelindung yang kuat sehingga membuat lantai lebih kokoh, tidak mudah tergores, dan tentunya akan lebih memperpanjang umur lantai.

  • Tahan Terhadap Zat kimia & Asam

Hal yang paling dikhawatirkan pada area pabrik dan pergudangan adalah dampak pencemaran. keunggulan Lantai epoxy yang di klaim mampu menahan zat kimia & asam, dapat meminimalisir pencemaran karena zat kimia yang tumpah tidak langsung mencemari tanah.


Area Yang Umumnya Dilakukan Pengecatan Epoxy Lantai

Pada umumnya, aplikasi epoxy lantai sangat direkomendasikan untuk berbagai industri khususnya untuk menunjang standar ISO dan standar BPOM. adapun beberapa area yang seharusnya menerapkan sistem lantai epoxy adalah sebagai berikut :

  • Epoxy Lantai Untuk Gudang

Gudang merupakan area yang tentunya memiliki lalulintas cukup tinggi yang sering dilewati oleh forklip maupun alat berat lainnya. oleh sebab itu, sudah selayaknya jika gudang menjadi salahsatu area lantai yang wajib diaplikasikan pengecatan epoxy coating.

  • Epoxy Lantai Untuk Workshop & Produksi

Workshop dan area produksi merupakan tempat yang rawan terhadap dampak pencemaran zak kimia, maka area ini merupakan salah satu yang wajib untuk dilakukan floor coating.

  • Epoxy Lantai Untuk Mall & Pusat Perbelanjaan

Area mall dan pusat perbelanjaan menjadi salah satu area yang pada umumnya menggunakan epoxy coating, karena dapat mengurangi resiko terpeleset, selain itu lantai dengan lalulintas tinggi ini akan mudah untuk dibersihkan.

  • Epoxy Lantai Untuk Hotel

Kesan mewah dan elegan akan tampil jika lantai hotel dilapisi dengan epoxy. Maka sudah seharusnya jika lantai hotel didukung dengan pelapis cat epoxy.

  • Epoxy Lantai Untuk Area Parkir

Area parkir menjadi salahsatu pengguna epoxy lantai tertinggi, karena area ini merupakan tempat dengan lalulintas yang berat, selain juga dapat mengurangi resiko slip pada ban mobil.

  • Epoxy Lantai Untuk Arena Olahraga

Arena olahraga seperti lapangan badminton, lapangan basket, dan auning sering dijumpai menggunakan lantai yang telah di coating dengan epoxy, hal ini memberikan keuntungan untuk mencegah slip saat beraktifitas dilapangan.

Setelah mengetahui kelebihan serta area yang patut untuk di aplikasikan epoxy floor coating, lalu bagaimana cara melakukan pengecatan lantai pada umumnya. Berikut ini tahapan-tahapan dalam melakukan aplikasi epoxy yang pada umumnya dilakukan oleh aplikator epoxy lantai.


Cara Aplikasi Epoxy Floor atau Epoxy Lantai secara Global

  • Perencanaan Lantai : lantai beton harus memiliki kuat tekan minimal 225 kg/cm2. Disamping itu Lantai beton harus dapat menerima beban tanpa mengalami penurunan sama sekali.
  • Umur lantai : Standarnya, umur lantai yang dapat dilakukan pekerjaan epoxy minimal 28 hari dengan tingkat kelembaban tidak lebih dari 80% RH pada saat aplikasi akan dimulai.
  • Sebelum dilakukan pengecatan, harus dipastikan kondisi lantai sudah layak untuk dapat dilakukan pengerjaan epoxy, mulai dari kerataan, kehalusan dan ketinggian lantai sesuai dengan rencana awal.
  • Jika lantai belum memadai, perlu dilakukan metode pengupasan permukaan misalnya grit-blasting, waterjetting, Blastrac ataupun diamondize scrubber.
  • Bersihkan segala kotoran pada permukaan lantai, untuk proses ini dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan kotoran cair maupun debu.
  • Setelah itu lantai harus dikeringkan minimal 2×24 jam, jika diperlukan gunakan blower atau kipas angin.
  • Setelah Lantai beton telah memenuhi standar kelayakan, maka tahap awal pengecatan dapat dilakukan dengan Epoxy Primer dengan menggunakan roller ataupun disemprot dengan kompresor. Biarkan Lapisan epoxy primer mengering.
  • Tahapan selanjutnya adalah pelapisan Base Epoxy Coat, Body Coate dan Top Coate). Proses setiap tahapan harus di Sending dan Cleaning. Gunakan roller berkwalitas terbaik, agar pada saat proses pengecatan, bulu-bulu pada roller tidak terlepas dan menempel pada lantai. Proses pelapisan dilakukan 2 kali, dengan arah saling bersilangan.
  • Biarkan cat mengering, Normalnya Setelah 12 jam, lantai sudah dapat dilewati namun tidak diperkenankan menggunakan alas kaki. Setelah 7 dari proses pelapisan akhir, barulah Gerobak, handpallet, forklift ataupun kendaraan lain baru boleh melewati lantai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan proses aplikasi epoxy lantai diantaranya yaitu:

  • Buka semua jendela dan pintu
  • Dilarang merokok
  • Gunakan masker

Pada dasarnya, proses aplikasi epoxy lantai ini harus didampingi oleh pakar yang telah berpengalaman, mengingat proses pengerjaan memiliki resiko yang sangat tinggi, karena bau menyengat dari bahan dasar epoxy & polymed dapat menyebabkan keracunan, selain itu kedua bahan dasar merupakan zat kimia yang mudah terbakar.

Tatacara aplikasi epoxy diatas hanya sebatas untuk pengetahuan saja, Saya sendiri tidak merekomendasikan untuk melakukan pengecatan lantai epoxy secara sendiri, karena proses pencampuran cat memerlukan pengalaman yang tinggi, jangan hanya karena ingin menghemat cost, malah akanĀ  membuang cost yang jauh lebih besar. Oleh karena itu gunakanlah jasa aplikator atau kontraktor epoxy lantai yang telah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Keunggulan lantai epoxy |standar lantai epoxi |

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: