Apa Itu Integrasi? – Integrasi Nasional Untuk Indonesia #1

0

Indonesia merupakan sebuah negara multikultural. Mengapa disebut multikultural? Karena Indonesi memiliki banyak kultur atau budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Di Indonesia terdapat beraneka ragam suku, agama, ras, budaya, ataupun golongan yang hidup bersama dan saling berdampingan. Keberagaman inilah yang menjadikan Indonesia ‘kaya’.

Namun faktanya, keberagaman  yang ada bisa memicu konflik jika tidak ada sikap saling toleransi antar semua pihak. Apabila tidak ada toleransi dalam menyikapi keberagaman akan menyebabkan disintegrasi nasional atau perpecahan di dalam negara. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi setiap warga negara untuk menjaga integrasi bangsanya.

Nah, terkait istilah integrasi, pada kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai integrasi, Bagi yang minat membaca Silahkan, Bagi yang mau komentar juga moggo, Tapi bagi yang tidak berminat, silahkan duduk dan minum kopi dulu sejenak di gubuk saya ini 🙂

Apa itu Integrasi?

Istilah integrasi berasal dari kata integration yang dalam bahasa Inggris berarti pembauran yang kemudian menjadikan sebuah kesatuan yang utuh serta bulat seperti kue donat 😀 . Selain itu, integration juga dapat diartikan sebagai proses dalam mengkoordinasikan tugas, fungsi, juga bagian, sedemikian rupa agar dapat melakukan kerjasama sehingga tidak saling bertentangan dalam hal pencapaian sasaran serta tujuan.


Apabila dihubungkan dengan ranah negara, Anda akan mengenal istilah integrasi nasional. Nasional berarti kebangsaan, yang meliputi sebuah bangsa dan ciri-cirinya, seperti tarian tradisional, permainan tradisonal, pakaian tradisional, dan sebagainya.

Dengan demikian, integrasi nasional dapat diartikan sebagai penyatuan dari beberapa bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu bentuk keseluruhan yang utuh. Integrasi nasional memadukan para masyarakat kecil dengan jumlah yang banyak untuk menjadi sebuah bangsa. Integrasi nasional mencerminkan adanya proses persatuan antara orang-orang dari beragam wilayah yang memiliki perbedaan, seperti dari sisi budaya, suku, latar belakang ekonomi, dan sebagainya. Pendek kata, integrasi merupakan kesatuan dan persatuan negara.

Paul B Horton, mendefinisikan integrasi sebagai sebuah proses pengembangan masyarakat, yang mana setiap kelompok ras serta etnik secara bersama-sama mampu berperan dalam kehidupan budaya serta ekonomi. Integrasi menjadi suatu hal yang diharapkan dalam suatu masyarakat. Oleh karena itu, keberlangsungan integrasi harus senantiasa dijaga. Integrasi nasional diidentikkan dengan integrasi bangsa, yang mana memiliki arti sebagai suatu proses penyatuan berbagai aspek sosisal ataupun budaya ke dalam pembentukan suatu wilayah atau bangsa.

Macam-Macam Integrasi

Nah, mengenai integrasi terdapat beberapa macam diantaranya :

  1. Integrasi Kebudayaan

Apa yang dimaksud dengan integrasi kebudayaan? Integrasi kebudayaan merupakan suatu bentuk penyesuaian di antara perbedaan unsur-unsur kebudayaan, sehingga dapat mencapai keserasian fungsi yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

  1. Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah suatu bentuk penyesuaian di antara perbedaan unsur-unsur dalam kehidupan sosial, yang kemudian menghasilkan sebuah pola kehidupan yang serasi dalam lingkungan masyarakat.

  1. Integrasi Nasional




Integrasi nasional merupakan suatu bentuk proses penyesuaian di antara berbagai unsur yang berbeda yang ada dalam kehidupan masyarakat dalam lingkup nasional, yang kemudian menghasilkan keserasian fungsi dalam sebuah pola kehidupan masyarakat.

Faktor-Faktor yang Mendukung Terciptanya Integrasi

Integrasi nasional tidak akan terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu, untuk membentuk integrasi nasional, ada peran dari faktor-faktor berikut ini:

  1. Munculnya rasa toleransi, saling menghargai, serta sikap tenggang rasa dalam diri tiap individu.
  2. Terjadi perkawinan campuran antara dua suku yang berbeda.
  3. Komunikasi dan transportasi yang tumbuh pesat antara satu daerah dengan daerah lain.
  4. Adanya peningkatan solidaritas sosial yang berasal dari kerja sama kelompok yang intensif dalam masyarakat ketika menghadapi suatu kejadian secara bersam-sama.
  5. Fungsi pemerintahan yang berjalan semakin baik dan bijaksana, serta menyentuh kepada masyarakat bawah.

Di samping faktor-faktor tersebut, masih ada beberapa faktor pendorong lainnya dalam menciptakan terjadinya integrasi nasional, di antaranya:

  1. Adanya faktor sejarah yang kemudian memunculkan perasaan senasib dan sepenanggungan pada setiap individu.
  2. Adanya keinginan untuk bersatu pada bangsa, sebagaimana yang telah tercantum dalam Sumpah Pemuda yang dibacakan pada 28 Oktober 2017.
  3. Adanya rasa cinta terhadap tanah air pada setiap individu, yang terbukti dalam perjuangan ketika merebut, menegakkan, juga mengisi kemerdekaan.
  4. Adanya sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa juga negara, yang terbukti dari banyaknya pahlawan yang telah gugur dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan bangsa.
  5. Adanya simbol negara, yaitu Garuda Pancasila.
  6. Adanya pola pengembangan budaya gotong-royong yang menjadi ciri khas kepribadian bangsa yang diwariskan secara turun-temurun.

Faktor-Faktor Penghambat Integrasi

Selain didukung oleh beberapa faktor, terciptanya integrasi nasional juga masih memungkinkan untuk dapat dihambat oleh beberapa faktor di bawah ini:

  1. Kondisi masyarakat Indonesia yang beraneka ragam, baik itu dari aspek kebudyaan daerah, bahasa daerah, agama atau keyaknina, ras, golongan, suku, dan sebagainya.
  2. Wilayah negara yang sangat luas dan terdiri atas beribu pulau yang mana di sekelilingnya masih terdapat pulau-pulau.
  3. Adanya kemungkinan ancaman, hambatan, tantangan, serta gangguan lainnya (dari dalam negeri ataupun dari luar negeri) yang bersifat besar dan sangat memepengaruhi keutuhan, kesatuan, dan persatuan bangsa.
  4. Masih terjadi ketimpangan dan pembangunan yang tidak merata.
  5. Hasil pembangunan yang tidak memuaskan warga.
  6. Adanya paham etnosentrisme, yang mana terdapat beberapa suku bangsa yang menonjokkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki budayanya kemudian menganggap budaya lain lebih rendah.
  7. Nilai budaya bangsa yang mulai melemah karena adanya pengaruh dari budaya asing yang bertolak belakang atau tidak sesuai dengan aspek kepribadian bangsa, baik melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung.



Cara-Cara Meningkatkan Integrasi

Untuk menjadi warga negara yang baik, sudah sepatutnya Anda mempunyai rasa integrasi nasional. Sikap demikian diperlukan sebagai bukti kepedulian antarsesama warga juga tingginya rasa persatuan terhadap bangsa, negara, agama, juga keluarga. Oleh karena itu, meningkatkan integrasi nasional menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap warga negara. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan integrasi nasional, yakni sebagai berikut:

  1. Menghidupkan serta membangun kesadaran, komitmen, juga kehendak untuk bersatu.
  2. Membangun kelembagaan di dalam lingkup masyarakat yang berakar pada nilai serta norma yang dapat menumbuhkan persatuan juga kesatuan bangsa.
  3. Tidak memandang perbedaan suku, ras, agama, etnis, keturunan, golongan, ataupun perbedaan-perbedaan lainnya sebagai suatu hal yang perlu diperdebatkan.
  4. Menyatukan berbagai jenis kelompok sosial dan budaya dalam suatu kesatuan wilayah juga dalam suatu identitas nasional.
  5. Bekerja sama dalam melakukan kehidupan berorganisasi.
  6. Berperilaku sesuai dengan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk membantu terciptanya tujuan organisasi.
  7. Meningkatkan adanya integrasi nilai, yang terdiri atas integrasi nilai yang ada di dalam masyarakat serta integrasi nilai Indonesia yang tercantum di dalam Pancasila juga Undang-Undang Dasar 1945 sebagai suatu sistem nilai bersama.

Baca Juga : Keunggulan Beton Instan Dibanding Beton Cor Curah

Nah, itulah pengertian mengenai apa itu integrasi, Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan dapat menyatukan kembali Bangsa Indonesia yang hampir terpecah dan saling menyerang lantaran Disintegrasi Nasional, yang seharusnya kita selaku rakyat Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

apa itu integrasi |

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: