Apa Itu Cornerstone Content ? | Mengenal Fitur Baru Plugin Yoast SEO

1

Apa Itu Cornerstone Content ? Itu adalah pertanyaan saya waktu baru melihat fitur baru yang dirilis oleh plugin SEO terpopuler didunia ini, Ya, YOAST SEO saat ini telah mengeluarkan fitur barunya yaitu Cornerstone Content.

Pada artikel kali ini saya akan menulis secara serius mengenai cornerstone content atau halaman landasan yang perannya sangat penting untuk SEO.

Secara teoritis, semakin jelas tata letak keterkaitan atau yang biasa disebut internal link, maka semakin besar pula kemungkinan untuk menuai keuntungan dari pencarian lalu lintas organik. Namun pada prakteknya, penempatan internal link yang tidak tertarget, justru akan memberikan efek negatif untuk SERP, Serperti ditulis pada artikel sebelumnya mengenai Keyword Kanibal & Dampak Buruknya Bagi Website

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan cornerstone content dalah memilih artikel dasar dengan hati-hati. Targetkan empat atau lima post yang ingin dijadikan sebagai halaman landasan untuk dibaca seseorang, lalu pilihlah Artikel mana yang menurut anda memiliki nilai jual paling tinggi, serta memiliki kualitas paling baik. Dan selanjutnya anda dapat menandai artikel tersebut sebagai Cornerstone Content, agar Yoast SEO dapat membantu Anda membangun struktur penautan internal yang solid.


Dengan menandai artikel cornerstone content seperti itu, kita dapat memberikan struktur penautan internal yang tepat di antara posting-posting pendukung yang ada, Sehingga kita dapat menunjukkan kepada Google artikel mana yang paling penting untuk mendapatkan tempat teratas di hasil pencarian.

Penautan Artikel Cornerstone harus dimunculkan  sesering mungkin. Idealnya, seseorang bisa mengklik artikel tersebut dari beranda atau menghubungkan semua posting dengan topik yang serupa dengan artikel Cornerstone.  Struktur penautan internal link semacam ini akan membantu meningkatkan artikel konten utama Anda di hasil pencarian Google.

Sebagai salah satu contoh, saat saya menulis banyak posting yang berbeda mengenai “Fitur SEO”. Semua posting yang dibuat berfokus pada “fitur SEO” yang berbeda yang tidak dibahas pada Cornerstone Content dan Saya akan memastikan untuk menghubungkan semua posting tersebut ke artikel Cornerstone saya. Sehingga dapat dipastikan tidak ada keyword kanibal yang akan menjadi boomerang.


Dengan menggunakan plugin Yoast SEO kita dapat memfilter artikel cornerstone di ikhtisar posting dan menghitung berapa banyak tautan internal yang diterima pos dan berapa banyak pos yang ditautkan. Perlu diakui, Counter link  ini sangat berguna, karena kita dapat melihat apakah Cornerstone Content kita cukup mendapat link dari posting terkait lainnya.

Untuk penulisan artikel Cornerstone minimal panjang artikel adalah 900 kata, kita harus dapat mewakilkan keseluruhan dari apa yang kita bahas. Dan Pada Artikel panjang biasanya sulit dibaca, terutama dari layar ponsel. Dengan menggunakan judul yang cukup panjang merupakan ide yang baik.

Dan pada artikel selanjutnya, kita akan membahas lebih jauh mengenai, bagaimana cara menulis halaman landasan atau Cornerstone Content.

So, tetap kunjungi website ini, atau berikan akses langganan berita saat muncul notifikasi pada browser anda, agar anda tidak ketinggalan berita terbaru dari saya, 😀

Sekedar mengingatkan Bagi teman-teman blogger, untuk selalu melakukan Cek Score Seo Website dengan Tools Analisa SEO Gratis

 

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

1 Comment

  1. Pingback: Keyword Kanibal & Dampak Buruknya Bagi Website

Leave A Reply

%d bloggers like this: