Apa itu Interpreter ? Tugas Seorang Interpreter

0

Belakangan ini saya sering mendengar istilah Interpreter serta alat Interpreter yang digunakan dalam sebuah event atau acara yang melibatkan pembicara dengan bahasa asing, istilah yang tidak begitu asing, namun mengundang tanda tanya ini membuat saya menelusuri lebih jauh mengenai job Interpreter serta pengoprasian alat Interpreter yang sering digunakan sebagai alat dwilingual.

Apa itu Interpreter ?

Secara umum Interpreter dapat disebut juga sebagai penterjemah, jika pada jaman dahulu sistem dwilingual masih menggunakan sistem manual, dimana seorang penterjemah harus mampu mendengarkan, menghitung terjemahan, memahami nuansa bahasa dan budaya dengan idiom yang mungkin muncul dalam percakapan, lalu menemukan kata-kata yang tepat dalam “bahasa target” dan mengucapkan seperti apa yang diucapkan pembicara. Namun belakangan ini, hal tersebut dinilai tidak lagi akurat, dimana penterjemah akan banyak melakukan kesalahan karena secara spontan si penterjemah harus mengikuti apa yang diucapkan oleh pembicara.


Alat Interpreter & Tugas Seorang Interpreter

Dijaman modern yang serba kekinian, telah diciptakanlah sebuah alat Interpreter, yang diprogram untuk menerima kata-kata yang diucapkan pembicara menjadi sebuah bahasa pemprograman, dan disinilah tugas seorang Interpreter untuk menyusun  source code yang terima menjadi terjemahan yang utuh kedalam bahasa target dengan menggunakan alat Interpreter

Kemudian bahasa pemrograman diimplementasikan dengan dua cara: interpretasi dan kompilasi. Seperti namanya, seorang Interpreter harus mampu mengubah atau menafsirkan kode pemrograman tingkat tinggi menjadi kode yang dapat dipahami oleh komputer atau ke dalam bahasa perantara yang dapat dengan mudah dijalankan. Seorang Interpreter harus mampu membaca setiap pernyataan kode dan kemudian mengubah atau mengeksekusinya secara langsung. Sebaliknya, kompilator mengubah kode sumber tingkat tinggi menjadi kode asli (Suara) yang dapat dieksekusi secara langsung oleh sistem operasi, dan diteruskan melalui transmisi dan diterima oleh receiver/pendengar.

Saat ini telah banyak yang menjual maupun menyewakan alat Interpreter Karena Penggunaan alat ini diklaim lebih menguntungkan baik dari segi terjemahan yang lebih akurat maupun dari segi biaya yang lebih murah dibandingan dengan menyewa penterjemah manual.

 

About Author

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave A Reply

%d bloggers like this: