5 Alasan Kenapa Harus Tinggal Bersama Orang Tua Kita yang Sudah Lansia

5 Alasan Kenapa Harus Tinggal Bersama Orang Tua Kita yang Sudah Lansia

Cobalah Kita lihat bagaimana kehidupan lansia di Eropa Barat. Apakah lansia itu hidup sendiri, atau menetap bersama dengan anaknya ? Yah, betul kebanyakan kehidupan sosial seorang lansia di Eropa Barat hidup dengan sendirian. Fenomena ini yang disebut Kunto Wijoyo dalam bukunya yang berjudul Sejarah Antropologi sebagai fenomena noncivil society.

Proses interaksi sosial yang memiliki konsep noncivil society yang dimiliki oleh orang-orang Barat nampaknya memang benar. Kita jarang lihat orang-orang lansia di Barat masih satu rumah dengan anaknya. Untuk keperluan merawat dirinya yang sudah menua. Orang-orang Barat biasanya lebih condong menyewa caregiver, atau semacam perawat. Kebanyakan lansia di Barat tak mau kalau anaknya susah-susah merawat dirinya yang sudah tua.



Kendati orang lansia di Barat memiliki pemahaman begitu. Jangan sampai Kita menganggap bahwa para lansia Indonesia juga memiliki pemikiran yang sama. Tidak sama sekali.

Kehidupan sosial di Indonesia menginginkan agar para lansia bisa tinggal bersama anaknya satu rumah. Walaupun kadang orang tua Kita yang sudah tua tak pernah memintamu untuk merawatnya. Tapi beberapa alasan berikut ini menjadi pertimbangan kenapa Kita harus tinggal serumah dengan orang tua Kita yang sudah lansia.

Orang Tua Dulu Menunggu Kelahiran Kita dengan Sabar Walaupun Masih Lama dalam Kandungan

Sambil di nyanyikan lagu “kutimang-timang anaku sayang.” Oleh bapak dan ibu Kita. Mereka itu dulu sangat setia menunggu Kita lahir dari rahim ibu. Makanya sebagai ganti balas jasa orang tua yang sudah lansia. Kita juga harus setia dalam menjaga dan merawat orang tua hingga ajal menjemputnya.




Orang Tua Kita Sudah Lama Banting Tulang untuk Membesarkan, Tapi Kita Malah Pergi

Keluh kesah orang tua tiap hari dikucurkan lewat keringat yang menetes untuk membesarkan Kita. Tapi karena tuntutan pernikahan, Kita harus meninggalkan orang tua untuk membangun keluarga bersama pasangan secara mandiri.

Tapi, jika orang tua Kita sudah lansia, dan sering sakit-sakitan. Kita mau tak mau harus mengajak orang tua Kita yang sudah lansia agar bisa tinggal serumah bersama pasangan. Ingatlah saat Kita dibesarkan mati-matian oleh orang tua, jangan malah ditinggalkan begitu saja.

Orang Tua Rela Tidak Tidur, untuk Menggantikan Popok Kita yang Basah

Ingatkah Kita saat masa kecil. Saat dimana orang tua Kita rela begadang hingga subuh tak tidur sama sekali hanya untuk mengganti popok Kita yang selalu basah. Kini giliran Kita membalas semua kebaikannya dengan menggantikan popok orang tua Kita yang sudah tak sanggup lagi tangannya menggerakkan otot-otot nya dengan baik. Jangan malah Kita membiarkan popok orang tua Kita basah begitu saja, hanya karena kesibukan bisnis yang tak ada hentinya.



Saat Kita Sakit, Orang Tua Paniknya Bukan Main.

Waktu zaman orang tua Kita masih muda. Mereka paling gelisah kalau Kita sedang dilanda sakit yang tak sembuh-sembuh. Mereka akan berpikir keras, untuk membiayai biaya berobat Kita bagaimanapun caranya.

Nah, sekarang orang tua Kita yang sudah menginjak usia lansia mereka giliran yang suka sering sakit-sakitan. Melihat orang tua yang sakit-sakitan, apa Kita tetap kekeh saja tak mau satu rumah dengan orang tua Kita yang sudah berumur lansia ? Seharusnya Kita mengajak orang tua untuk tinggal satu rumah bersama anak, dan pasanganmu. Orang tua Kita butuh dirawat seperti mana dulu ia merawat Kita. Jangan hanya alasan uangnya untuk membeli mobil, lalu biaya berobat orang tua Kita tidak dibantu.

Who is Hendri Gunawan

Sebagai Praktisi SEO pekerjaan menulis menjadi salahsatu hal yang harus terus dipelajari. Didalam blog sederhana ini, saya Hendri Gunawan, ingin berbagi cerita, menyampaikan unek-unek, hingga melakukan promosi, namun tetap sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK
%d bloggers like this: